Proses Pembuatan Kaca Inlay

Kaca Inlay adalah sebuah jenis kaca dekorasi yang terdiri dari beberapa potongan kaca warna yang memiliki bentuk yang berbeda beda dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah pola/ desain yang sesuai dengan apa yang kita kehendaki. Setelah Pola/ Desain terbentuk maka potongan-potongan kaca yang berbeda-beda dan beraneka ragam warna tadi ditempelkan pada bidang kaca lembaran kemudian ditutup lagi dengan kaca lembaran sehingga menjadi satu panel kaca dekorasi yang siap untuk digunakan mengisi ruang bangunan Anda.

Proses Pembuatan Kaca Inlay

1. Desain

Diawali dengan membuat desain, desain disini akan sangat menentukan bagus tidaknya bangunan Anda setelah menggunakan Kaca Inlay. Jika kita salah dalam memilih Desain maka sekalipun hasil jadi Kaca Inlay tersebut sangat bagus namun ketika diaplikasikan pada satu ruangan maka menjadi tidak match dan kurang enak dilihat. Itu sebabnya penting untuk melibatkan Desainer Interior/ Arsitek rumah Anda dalam memilih dan menentukan Desain Kaca Inlay rumah Anda.

Proses Pembuatan Kaca Inlay

 

2. Komposisi Warna

Seperti halnya Desain, warna juga sangat menentukan hasil Akhir daripada Interior rumah Anda ketika sudah mengaplikasikan Kaca Inlay. Apakah sebuah ruangan membutuhkan Warna yang Soft, Strong atau Midle Color semua harus disesuaikan dengan Konsep Interior Rumah Anda supaya hasil ahkir menjadi Indah.

Proses Pembuatan Kaca Inlay

3. Proses Produksi

Setelah Desain dan Warna sudah disepakati selanjutnya Kami akan memproduksi Kaca Inlay tersebut. Proses produksi ini menjadi bagian yang tak kalah penting sebab hasil kerapian dan tingkat kepresisian akan sangat ditentukan oleh produsennya sendiri, sebab Kaca Inlay dibuat dengan menggunakan 100% Hand Made, sehingga jam terbang para tukang disini akan sangat menentukan hasil ahkirnya.

Tahapan-tahapan Pembuatan Kaca Inlay :

  • Pembesaran :

Desain yang sudah di ACC selanjutnya dibuatkan pembesaran skala 1:1

Proses Pembuatan Kaca Inlay

  • Potong Motif

Selanjutnya Motif akan dipotong sesuai Desain, hasil potongan disini akan menentukan tingkat kepresisian kaca inlay tersebut.

Proses Pembuatan Kaca Inlay

  • Bevel Motif

Tujuan Bevel adalah supaya motif-motif kaca tersebut memiliki sudut kemiringan bevel 45% yang bertujuan untuk memantulkan Cahaya, sehingga apabila Potongan-potongan Motif Kaca tersebut terkena cahaya maka akan menimbulkan cahaya yang berkilau-kilau. Bagi sebagian orang ada yang tidak menyukai kilau-kilau yang terlalu berlebih maka biasanya kami menyarankan untuk tidak dibevel motif-motifnya.

Proses Pembuatan Kaca Inlay

  • Penempelan Motif

Proses selanjutnya adalah penempelan Motif. Motif-motif yang sudah siap ditempel tadi  selanjutnya ditempelkan menggunakan UV Curing Adhesive mengikuti pola yang telah disiapkan. Penempelan disini tidak mentolerir kesalahan sedikitpun, sebab ketika motif sudah ditempelkan menggunakan UV tadi maka akan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dilepas.Proses Pembuatan Kaca InlayProses Pembuatan Kaca Inlay

  • Triple & Vacuum

Setelah proses penempelan selesai seluruhnya selanjutnya dalah proses Triple & Vacuum tujuannya adalah supaya kaca lebih mudah dibersihkan ketika dipasang dan sekaligus melindungi motif supaya tidak kotor terkena debu. Sehingga membersihkan kaca inlay tersebut sangat mudah semudah membersihkan kaca polos pada umumnya, tinggal lap pakai kain basah selesai.

Proses Pembuatan Kaca Inlay

  • Pemasangan

Kaca Inlay siap dipasang.Berikut adalah hasil kaca inlay setelah terpasang.

Proses Pembuatan Kaca Inlay

 

Posted on